Rabu, 18 Januari 2012

Selamat Tinggal Wikipedia

Jakarta - Hari ini situs ensiklopedia online Wikipedia tidak bisa diakses, terkait aksi protes mereka terhadap pakta Stop Online Piracy Act (SOPA).Stop Online Piracy Act (SOPA) adalah sebuah pakta yang diusulkan oleh pemerintah Amerika Serikat dalam memerangi pelanggaran hak cipta di internet, yang sanksinya adalah para penyedia layanan internet boleh memblokir situs-situs bersangkutan.
Namun bagi beberapa pihak, pakta tersebut dirasa melanggar demokrasi terutama dari aksi sensor internetnya, yang bisa melumpuhkan internet.
Tidak hanya Wikipedia yang melakukan blackoutterkait aksi protes ini, tapi juga beberapa situs besar seperti: Imgur, Tor Project, Miro, iSchool at Syracuse University, Oreilly.com, Reddit dan Mozilla.
Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengumumkan langkah tersebut melalui akun Twitter bahwa situs ensiklopedia online tersohor tersebut akan mematikan versi Inggrisnya selama 24 jam, terkait aksi protes terhadap SOPA dan Protect Intellectual Property Act (PIPA).
WikiPedia merupakan situs pertama yang mengumumkan rencana protes radikal tersebut. Dengan sekira 25 juta pengunjung tiap harinya, maka siap-siap saja mengalami 'kelumpuhan internet' sementara.
Coba buka situs Wikipedia yang berformat bahasa Inggris, maka Anda tidak akan menemukan apa-apa, kecuali pernyataan mereka terkait aksi protes yang dilakukan.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS