Rabu, 11 Januari 2012

Manfaat Olahraga Saat Usia Lanjut

TETAP sehat dan cerdas meski usia telah lanjut, siapa yang tak mau? Itulah hasil yang akan diraih jika sejak dini Anda olahraga secara teratur.

"Olahraga sangat penting selama berlangsungnya hidup, tetapi efek olahraga akan terlihat dengan jelas pada orang-orang yang telah berumur," tulis Dokter Miriam Stoppard dalam buku “Panduan Kesehatan Keluarga”.

Dokter Stoppard menjelaskan, olahraga teratur dapat memberikan efek yang signifikan terhadap kewaspadaan mental kita dengan meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa ke otak. Sehingga apabila dibandingkan, wanita lanjut usia (lansia) yang berolahraga teratur akan mengolah informasi secara lebih cepat dalam berbagai tes daripada wanita lansia yang tidak aktif.

Selain meningkatkan aliran oksigen ke otak, sambungnya, olahraga juga memperlambat hilangnya dopamin dalam otak. Dopamin adalah neurotransmiter yang membantu mencegah gemetaran dan kaku yang timbul seiring penuaan. Kekurangan kadar dopamin menimbulkan tremor berlebihan pada penyakit Parkinson.

“Dopamin sendiri menurun dalam otak sebesar satu persen per tahun dari pertengahan usia 20-an, dan jika hidup sampai usia 100 tahun, akan menyebabkan kita tampak menderita penyakit Parkinson. Karena dapat memperlambat kehilangan dopamin, maka olahraga terasa besar manfaatnya saat kita semakin menua nantinya. Olahraga juga dapat mencegah melambatnya waktu reaksi,” ulasnya.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS