Rabu, 11 Januari 2012

Balap Unta Sampai Siput Gaet Wisatawan

DI 2012, semua perhatian dunia akan tertuju ke London, dimana akan diselenggarakan pesta olahraga dunia yang tersohor, Olimpiade. Balapan seru juga akan dihelat dalam beberapa event.

Simak festival-festival olahraga dunia yang selalu menarik kunjungan wisatawan, seperti diulas Lonelyplanet:

Balapan unta, Dubai

Meskipun Dubai telah berkembang menjadi kota supermodern, olahraga tradisional tetap dilestarikan. Hanya saja, kini penunggang unta bukanlah lagi manusia melainkan robot, yang berpacu melintasi padang pasir bersama unta sambil dikendalikan remote control oleh pemiliknya. Bahkan, para wisatawan asing mengatakan bahwa robot ini jauh lebih menarik.

Tour de France, Champs-Elysees, Paris

Perlombaan ini merupakan lomba balap sepeda terbesar di dunia, di mana ratusan atlit bersepeda mengarungi jarak 3.500 kilometer ke seluruh penjuru Prancis untuk mencapai garis finish di Champ Elysees, Paris. Lomba sepeda ini adalah balapan paling bergengsi di Prancis.

Anehnya, pemenang biasanya sudah diputuskan jauh sebelum ia mencapai Paris, bahkan ketika masih terlihat di puncak curam Alpe d'Huez, sehingga bisa dikatakan bila sampai di Paris hanyalah formalitas. Namun, bukan berarti tidak menarik dilihat, apalagi dengan keramaian warga Paris yang berkumpul di kafe-kafe pinggir jalan sambil menyoraki para atlet-atlet favoritnya.

Festival pacu kambing dan kepiting, Tobago


Festival ini berawal sejak 1925, di sebuah desa nelayan bernama Buccoo. Festival menarik banyak wisatawan karena melihatnya mengundang tawa, dimana para pemilik kambing berjalan di belakang hewan mereka yang sedang berpacu sambil diiringi kata-kata kocak dari komentator tentang pertandingannya. Seiring balapan kambing, di perairan karang Bucco yang menjadi rumah bagi 40 spesies terumbu karang juga dilaksanakan balapan kepiting, yang berlangsung di tepi pantai.

Coast to Coast, Selandia Baru

Perlombaan ini mengombinasikan lari, bersepeda, dan kayak sepanjang 243 kilometer dari pantai timur ke pantai barat Selandia Baru. Perlombaan melewati Pegunungan Alpine Selatan ini juga diklaim sebagai perlombaan paling tangguh di dunia. Jalur perlombaannya sendiri melewati tempat-tempat terindah di Selandia Baru, salah satunya lokasi syuting film "Lord of The Ring".

Balap siput, Inggris
Apa yang menarik dari melihat siput berpacu? Nyatanya, festival tahunan ini selalu ramai ditonton wisatawan mancanegara. Sangat lucu melihat para pendukung siput yang berteriak-teriak menyemangati.

Great Amazon Raft Race, Peru

Lomba ini meliputi penjelajahan melewati Sungai Amazon dengan rakit. Lomba ini setiap tahunnya didatangi sekira 500.000 wisatawan, dimana tepi sungai akan penuh dengan kerajinan lokal yang berjualan selama lomba untuk menyelesaikan jalur pacu yang penuh ikan piranha sejauh 180 kilometer.

The Great Reno Balloon Race, Amerika Serikat

Setiap September sejak 35 tahun lalu, langit Kota Reno di Amerika Serikat akan penuh balon udara berwarna-warni. Lomba diikuti 140.000 peserta, selama tiga hari memerebutkan hadiah sebesar USD20 ribu. Selain lomba balon udara, ada juga simulasi perburuan tradisional, dimana 100 balon udara akan mengejar balon milik pemerintah setempat di udara.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS