Senin, 30 Januari 2012

Reggae: Musik Segala Zaman

From Blue Island with PLUR
Siapa yang nggak tau dengan musik reggae? Pasti diantara kita pernah dengar dan bahkan nyanyiin beberapa lagu reggae. Aliran musik yang lahir pada 1960-an ini memang identik dengan Jamaika, warna merah, kuning, dan hijau, dan rambut gimbal.
Akar musik reggae memang erat dengan Jamaika. Selain suku bangsa asli Indian yang mendiami wilayah Jamaika, di sana juga banyak berdiam budak-budak yang berasal dari Afrika yang dibawa oleh para penjajah Inggris dan Spanyol.
Nah, budak-budak dari Afrika ini dipekerjakan dengan kasar dan berat. Di tengah-tengah kesibukan mereka, mereka menyempatkan diri bersantai dan bernyayi ria. Nah, lagu dan musik yang mereka bawakan itulah yang disebut reggae.
Jadi, reggae memang dekat dengan kebebasan dan keinginan untuk terbebas dari segala bentuk penindasan. Musik ini juga identik dengan tarian dan tabuh-tabuhan gendang yang berasal dari Afrika.
Salah satu musisi reggae top dunia adalah Bob Marley yang banyak disukai dan diikuti gaya penampilannya. Musik dan gaya reggae pun juga ikut berkembang di Indonesia. Beberapa musisi reggae top tanah air antara lain Tony Q, Imanez, New Rastafara, Steven and Coconut Treez, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Slank pun beberapa kali pernah membawakan lagu bernuansa reggae. Coba aja lo dengerin lagu “Telanjang” di album “Lagi Sedih”. Itu lagu reggae banget. Dengan lirik yang sederhana, tapi mampu membawa kita ke alam kebebasan.
Atau lagu “Slalu Begitu” di album “Slow But Sure”. Bahkan video klipnya aja dibikin di tepi laut yang biru dan pasir yang putih yang menambah kesan ketenangan dan kedamaian. Bahkan lagu “Slalu Begitu” diberi penghargaan karya produksi reggae terbaik oleh AMI Awards ke-11 tahun 2011 lalu.
Nah, apakah di album terbarunya nanti, Slank akan membawakan lagu bernuansa reggae lagi? Kita tungguin aja rame-rame dan siap-siap dapetin kejutan di album Slank yang bakal rilis bentar lagi. Be There!!
(disarikan dari berbagai sumber oleh Fahmi Firmansyah).


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS