Jumat, 27 Januari 2012

Kenapa iPhone 4S Terlambat Datang ke Indonesia?

JAKARTA - Banyak yang bilang Apple seringkali terlambat masuk ke Indonesia. iPhone 4S yang sekarang juga hadir dengan bundling dari beberapa operator pun masih terasa lambat.

"Banyak hal yang membuat keterlambatan di Indonesia. Pertama apple punya policy mana yang didahulukan," terang Gideon Edie Purnomo, Vice President Channel Management Telkomsel, dalam peluncuran The Perfect Match iPhone 4S &Telkomsel, Jumat (27/1/2012).

"Kedua mereka ini tidak sekedar menjual handset. Sebetulnya yang mereka tawarkan adalah service ekosistem. iPhone tanpa App store hanya akan jadi handset mahal," tambahnya.

Pada Apple ada Siri, ada iTunes dan lainnya. Menurut Gideon, kalau tidak ada itu Apple akan jadi handset paling mahal sedunia. Hal ini juga yang menyebabkan Apple tidak buru-buru menlaunching.

"Ketiga tidak semua pengguna di Indonesia aware soal ekosistem ini. Buat pengguna Indonesia handphone ya handphone, sehingga ketika iPhone masuk terasa mahal. Untuk aware ini perlu edukasi," tandasnya

Gideon menjelaskan, ekosistem di Indonesia masih belum setinggi Singapura. Menurutnyai penetrasi internet di Singapura sudah sangat tinggi sehingga semua membutuhkan solusi-solusi berbasis internet. Sedangkan di Indonesia solusi berbasis internet masih belum terpakai. Karena itu mereka fokus ke negara dengan penetrasi internet tertinggi.

"Keempat, mereka masih prioritas ke negara-negara dengan demand tinggi. Karena di Indonesia belum maka kita berada di daftar ke sekian dalam prioritas Apple," tambah Gideon.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS