Sabtu, 14 Januari 2012

Cubit-cubitan Koes Plus dan Slank

Kalo temen-temen Slankers yang udah nonton pelem Get Married 3 yang dirilis sekitar bulan September lalu, pasti tahu judul lagu yang terdapat dalam sontrek film tersebut. Yups, untuk ketiga kalinya, Slank mengisi sontrek buat pelem tersebut. Pada jilid sebelumnya Slank berhasil mengisi sontrek Get Marred I dan II dengan melejitkan Pandangan Pertama, Kuil Cinta, dan Cinta Kita.
Kini, di Get Married 3, Slank membawakan lagu berjudul Cubit-cubitan. Lagu ini merupakan lagu lama band legendaris Koes Plus yang diaransemen ulang pasukan Slank.
Untuk ngasih info sedikit, Koes Plus adalah band yang muncul pada tahun 1960-an. Pada awal munculnya, band ini bernama Koes Bersaudara yang beranggotakan Djon (bass), Tony (melodi/piano), Yon (vokal), Yok (rythim/vokal), Jan (gitar), Nomo dan Iskandar (drum).
Tahun 1963, album Koes Bersaudara pun rampung dengan berisikan sebelas lagu. Diantaranya adalah Weni, Terpesona, Bis Sekolah, dan Telaga Sunyi. Lagu-lagu mereka pun tersebar luas ke masyarakat melalui Radio Republik Indonesia (RRI) dan Radio angkatan Udara.
Nah, ternyata kesuksesan mereka harus dibayar mahal. Pada tahun 1965 mereka ditangkap. Hal ini sebagai akibat pelarangan musik berbau kebarat-baratan yang dibikin oleh Presiden Soekarno pada saat itu.
Keajaiban pun datang pada tahun 1966. Mereka pun dibebaskan. Pada tahun 1969, Nomo pun keluar dan digantikan oleh Murry. Nama Koes Bersaudara pun diganti menjadi Koes Plus.
Koes Plus kembali ke puncak ketenaran. Pada tahun 1970-an, lagu-lagu mereka menjadi populer. Salah satunya adalah lagu Cubit-cubitan yang kemarin dibawain oleh Slank.
Tahun 1992, Koes Plus dianugerahi BASF Legend Awards. Penghargaan yang menandakan eksistensi mereka dalam bermusik. Mereka telah menciptakan 953 lagu dalam 89 album.
Koes Plus telah menjadi bagian dari legenda musik Indonesia. Kita memang butuh musisi-musisi yang tetap konsisten bermusik untuk mewarnai dunia musik tanah air. Bravo Musik Indonesia!
(disarikan dari “Sejarah Emas Koes Plus” hiburan.kompasiana.com 24 Januari 2011 dan berbagai sumber lainnya).



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS