Minggu, 29 Januari 2012

Tikus Berkicau seperti Burung

OSAKA - Para ilmuwan dari University of Osaka telah melakukan rekayasa genetik pada tikus, dan membuat hewan pengerat itu bisa berkicau layaknya burung.

Tikus pengicau yang diciptakan sebagai bagian dari Evelved Mouse Project ini diharapkan menerangi harapan untuk mengetahui bagaimana bahasa bisa berevolusi. Seperti diwartakan Dailymail, Minggu (29/1/2012), tikus tersebut dilahirkan secara kebetulan, namun kekhasannya akan diwariskan ke generasi berikutnya.

"Mutasi adalah tenaga pendorong evolusi. Kami telah melakukan kawin silang pada tikus yang gen-nya dimodifikasi tersebut untuk mengetahui apa yang akan terjadi,: terang pimpinan penelitian Arikuni Uchimura.

"Kami meneliti tikus yang baru saja lahir satu demi satu, dan suatu hari kami menemukan seekor tikus yang berkicau layaknya burung," tambahnya.

Proyek ini juga telah menghasilkan tikus dengan anggota badan pendek dan ekor seperti milik anjing dachshund.

Laboratorium yang dikepalai profesor Takeshi Yagi, di Osaka University’s Graduate School of Frontier Biosciences, Jepang barat, sekarang memiliki lebih dari 100 ekor tikus berkicau untuk penelitian lebih lanjut.

"Untuk dijadikan objek pelajaran, tikus lebih baik daripada burung karena mereka adalah mamalia dan struktur otak dan aspek biologis lainnya lebih dekat dengan manusia," kata Uchimura.

"Kami melihat bagaimana tikus yang mengeluarkan suara baru akan mempengaruhi tikus biasa dalam kelompok yang sama. Dengan kata lain, mengamati kemungkina adanya konotasi sosial, " katanya sambil menambahkan bahwa tikus biasa mencicit, terutama dalam keadaan stres.

Untuk mendengar kicauan tikus tersebut, klik link ini.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS