Rabu, 18 Januari 2012

Jineng: Lumbung Padi Nyaman Sebagai Tempat Santai di Taman

Barangkali kita mengenal jineng sebagai lumbung padi. Denah jineng berbentuk persegipanjang dan kotak. Ruangnya blong tanpa sekat. Dinding ruang menggunakan bilik, triplek, atau papan. Lantai terbuat dari papan yang kuat menahan beban. Fungsi jineng untuk menyimpan padi dari hasil panel petani.

Itu dulu. Sekarang ini fungsi jineng telah berkembang. Jineng masa kini tampil lebih trendi. Trendi itu terwujud dari gubahan ruang. Bagian atas untuk ruang santai, ruang bawahnya sebagai bale-bale melepaskan penat. Berada di jineng, kita dapat leluasa memandang halaman seperti halnya kita berdiri di balkon rumah.
Organisasi ruang jineng masa kini lebih rapi. Ia tidak lagi blong, tapi sudah bersekat. Bagian tengahnya dapat digunakan sebagai ruang duduk, kamar tidur mungil, atau ruang baca. Di sebelah ruang tengah dapat dibuat wastafel untuk sekadar membasuh muka dan mencuci tangan. Kalau ruangnya cukup, kita pun dapat menempatkan kamar mandi mungil.
Bahkan, kelak kita dapat menyisakan ruang tambahan mirip balkon di bagian depan jineng. Ruang tambahan itu dapat menjadi perluasan ruang tengah atau kamar mandi.
Daya tarik jineng membuat kita terpacu untuk menciptakan peluang tempat alternatif di luar rumah. Berbentuk bangunan mungil, jineng dapat dirancang multifungsi untuk kegiatan berkumpul bersama keluarga sekaligus tempat menerima kerabat.
Bahkan, kini jineng berperan menjadi ikon promosi perumahan yang menggunakan tema alam, lingkungan, atau pesona daerah tertentu. Jineng menjadi bangunan komersial yang berada di hotel demi memanjakan konsumen yang sedang menginap. Jineng terus berevolusi tanpa menghilangkan ciri utama. Yang dulu menjadi tempat menyimpan hasil bumi petani kini berubah jadi tempat leyeh-leyeh orang kota untuk melepas penat.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKAR LINK OTOMATIS